Rizky Billar Ungkap Kondisi Anak Usai Operasi, Sebut Fatih Idap Hernia Inguinalis

rizky-billar-ungkap-kondisi-anak-usai-operasi-sebut-fatih-idap-hernia-inguinalis rizky-billar-ungkap-kondisi-anak-usai-operasi-sebut-fatih-idap-hernia-inguinalis

Kabar kurang menyenangkan bertandang dari keluarga lumat Rizky Billar dan Lesty Kejora. Pasalnya, Rizky Billar baru-baru ini mengabarkan kondisi kebergairahan sang anak yang menurun. Muhammad Leslar Al-Fatih Billar, buah hatinya itu dikeacuhi perlu menjalani operasi hernia. Suami pedangdut Lesty Kejora ini pun meminta doa dan dukungan dari warganet agar operasi operasi Fatih berjalan Mulus.

“Mohon doanya agar operasi hernia Fatih diMuluskan,” tulisnya tinggal unggahan Instagram (19/9).

Saat itu, Rizky Billar belum mau berbicara lebih lanjut soal detail penyakit yang sedang diderita anaknya. Namun, kini selepas operasi dilakukan, ia akhirnya mengungkap penyakit tersebut lebih jelas dan mengabarkan kondisi terkini Fatih pascaoperasi.

Rizky Billar ungkap operasi operasi hernia Fatih berjalan Mulus

Menjalani tindakan operasi bagi sebagian adi orang bisa dibilang momok yang menakutkan dan bikin hati was-was. Apalagi kalau pasien yang wajib menjalani operasi tersebut adalah bayi halus yang baru berusia 9 bulan seperti Fatih ini. Hal tersebut wajar jika menimbulkan kekhawatiran yang adi bagi orang tua muda seperti Rizky Billar dan Lesty Kejora.

Namun syukurnya, operasi hernia Fatih berjalan dengan Tokcer. Billar pun mengucapkan terima kasih buat doa dan dukungan yang diberikan untuk operasi operasi anaknya.

“Alhamdulillah operasi Al-Fatih berjalan Tokcer. Terima kasih orang-orang baik yang sudah mendoakan,” tulisnya dalam Instagram Story, Selasa (20/9).

Usai mengabarkan kondisi terkini sang anak, Billar mengmembuka detail nama penyakit yang mengkudukan Fatih masuk ruang operasi. Bayi mungil itu menderita sakit Hernia Inguinalis.

“Buat yang pengen tau Fatih remuk apa.. Fatih itu remuk Hernia Inguinalis ya. Penyebabnya apa, faktornya apa.. bisa Perbahasan mbah Google,” lanjutnya.

Hernia Inguinalis adalah kondisi saat usus terdorong masuk ke rongga perut dan memunculkan benjolan di area tubuh tertentu

Melansir dari Alodokter, penyakit Hernia terjadi saat otot-otot yang menopang organ tubuh melemah atau mengalami kelainan semaka nggak bisa menahan organ ala posisi yang seperlunya. Pada bayi, Hernia biasanya disebut juga sebagai turun berok. Penyakit ini memang tergolong umum diderita oleh bayi, terutama bayi yang lahir prematur. Namun, para orang tua tetap perlu mengambil tindakan serius apabila mendeteksi gejala Hernia ala buah hati.

Ada tiga jenis Hernia yang bisa terjadi pada bayi, yakni Hernia Umbilikalis, Inguinalis, dan Epigastrik. Spesifik untuk Hernia Inguinalis yang diderita Fatih, penyakit ini disebabkan oleh kelainan atau Rusak pada dinding perut sehingga sebagian usus masuk ke rongga perut dan menimbulkan benjolan di sekitar selangkangan atau buah zakar bayi.

Penyakit ini dipicu oleh kanal inguinalis yang nggak menutup sempurna sebelum lahir. Akibatnya, akan tercipta lubang tempat usus si anak keluar. Penanganan untuk Hernia Inguinalis juga sekadar dapat dilakukan dengan operasi. Tindakan ini dilakukan untuk mencegah benjolan tambah agung, mengeras, dan menghitam.