breaking news New

Rekomendasi Makanan Khas Purwokerto Yang Sayang Jika Tidak Dicicipi

Purwokerto merupakan ibu kota dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Berkunjung ke Purwokerto bersama keluarga merupakan waktu yang pas untuk berburu dan menikmati makanan khas Purwokerto.

Bukan hanya terkenal dengan tempe keripik yang gurih dan renyah, ada banyak makanan khas Purwokerto lainnya yang bisa dinikmati, berikut ini adalah beberapa makanan khas Purwokerto yang wajib dicicipi karena rasanya yang lezat dan keunikannya.

1. Soto Sokaraja

Soto ini diracik dengan suwiran daging ayam dan daging sapi, kaldunya yang bening ditambah dengan paduan tauge dan suun.

Keunikan dari kuliner yang satu ini yaitu disajikan dengan sambal kacang dan kerupuk kanji merah sebagai taburan serta biasanya dimakan dengan tambahan lontong atau ketupat.

2. Tempe Mendoan

Makanan yang sangat popular di berbagai kota di Indonesia ini ternyata makanan khas Purwokerto. Tempenya yang tipis dan lebar dibuat khusus untuk tempe mendoan.

Sesuai dengan Namanya yaitu ‘Mendo’ yang memiliki arti Setengah Matang biasanya disajikan secara hangat dan dengan tambahan sambal kecap manis.

3. Bakmi Nyemek

Disebut dengan bakmi nyemek karena bakmi yang becek atau tidak terlalu banyak. Bakmi ini biasanya disajikan dengan tambahan telur, potongan bakso, kol, tomat, daging ayam, rempela, dan hati ayam.

Sekilas nakmi nyemek sangat mirip dengan bakmi jawa yang banyak dijual beberapa kota karena terkenal akan kelezatannya.

4. Buntil

Dibuat dari bahan dasar kelapa muda yang diparut dan diberi bumbu gurih pedas. Lalu kemudian dibungkus menggunakan daun singkong dan kemudian dikukus hingga lembut.

5. Kluban

Dibeberapa daerah lainnya, kluban biasa disebut dengan urap sayuran. Jenis sayuran yang dipilih bisa disesuaikan dengan selera, mulai dari daun bayam, daun singkong, daun kenikir, tauge, kacang panjang, dan lain sebagainya.

Kemudian berbagai sayuran tersebt dicampur dan diaduk bersama kelapa parut setengah tua yang sebelumnya sudah diberi bumbu cabai sehingga menghasilkan rasa yang gurih, pedas dan segar.


Itulah beberapa rekomendasi makanan khas kota Purwokerto yang bisa dicicipi saat kamu berkunjung dan berlibur bersaa keluarga disana.

Tentunya masih banyak lagi makanan khas Purwokerto yang bisa Kamu cicipi dan tentunya memiliki rasa yang lezat dan bikin ketagihan, selamat mencoba.