Kenali dan Waspadai Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin C

gambar tersebut menyebutkan penyakit akibat kekurangan vitamin c gambar tersebut menyebutkan penyakit akibat kekurangan vitamin c

Kenali dan Waspadai Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin C

Secara umum kekurangan vitamin C termasuk masalah kesehatan yang cukup langka. Akan tetapi ada beberapa orang yang mengalaminya. Bahkan dalam beberapa kasus penyakit karena kurangnya asupan vitamin C ini memang cukup membahayakan.

Dalam kondisi yang sudah parah kekurangan Vitamin C bahkan bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu Anda harus mulai kenali dan waspadai penyakit akibat kekurangan vitamin C, karena bisa fatal jika di abaikan.

Waspadai Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin C, Bisa Fatal!

Vitamin C memiliki peran yang cukup penting untuk tubuh. Untuk itulah asupan Vitamin ini harus dipenuhi. Adapun jika Anda kekurangan vitamin ini, akan mengalami berbagai masalah kesehatan atau penyakit seperti:

  1. Gusi Berdarah dan Gigi Copot

Vitamin C mempunyai peran besar dalam menjaga kesehatan gusi dan gigi. Kurangnya vitamin C dalam tubuh akan mengakibatkan gusi mudah berdarah dan gigi rentan copot. Untuk Anda yang dari awal sudah mempunyai masalah kesehatan gusi dan gigi maka gejalanya akan lebih parah.

Pada beberapa kasus kekurangan vitamin C akan membuat gusi berubah warna jadi ungu gelap. Jadi bila Anda sudah mengalami penyakit akibat kekurangan vitamin C ini harus waspada. Segera periksakan ke dokter jika bertambah parah agar segera mendapat penanganan yang tepat.

  1. Masalah Kulit

Selanjutnya penyakit yang dapat terjadi karena kekurangan vitamin C adalah masalah kulit. Kulit Anda akan jadi lebih mudah memar. Adapun memar pada kulit karena kurangnya vitamin C terjadi karena pembuluh darah merah kecil yang ada di pinggir kulit hancur.

Jadi ketika tubuh kekurangan asupan vitamin C maka pembuluh kapiler jadi lemah dan akhirnya pecah. Tak hanya itu saja kurangnya vitamin C juga akan berpengaruh pada produksi kolagen yang menurun. Kolagen sendiri merupakan protein yang membentuk lapisan jaringan ikat tubuh dan lapisan kulit.

Penurunan produksi kolagen dalam tubuh akan menimbulkan berbagai masalah kulit seperti kering dan kasar. Pada kondisi ekstrem kulit akan terlihat sangat kering dan bersisik.

  1. Anemia

Anemia adalah salah satu penyakit akibat kekurangan vitamin C. Perlu di ketahui jika vitamin C bermanfaat dalam membantu penyerapan zat besi dan mencegah penyakit anemia. Adapun Anemia sendiri adalah hasil dari penurunan kualitas atau jumlah sel darah merah.

Orang yang mengalami penyakit ini biasanya akan sering pusing. Beberapa juga ada yang lebih mudah sakit dibanding orang pada umumnya.

  1. Nyeri Sendi

Tidak terpenuhinya kebutuhan vitamin C pada tubuh juga bisa menyebabkan penyakit sendi. Jadi Anda akan sering mengalami rasa nyeri di bagian sendi baik itu sendi kaki maupun tangan.

Pada kondisi yang parah sendi juga akan mengalami pembengkakan. Apabila dibiarkan dan semakin parah penyakit akibat kekurangan vitamin C ini akan membuat penderitanya sulit berjalan. 

  1. Scurvy

Penyakit Scurvy sendiri termasuk langka. Meski begitu memang ada beberapa yang mengidap penyakit ini. Umumnya Scurvy adalah salah satu penyakit yang terjadi karena kurangnya vitamin C. Penyakit ini sendiri di kenal juga dengan nama asam askorbat.

Penyakit akibat kekurangan vitamin C ini sudah di kenal dari dulu dan tidak menjadi masalah untuk orang yang tinggal di darat. Adapun alasannya adalah karena akses untuk mendapat makanan segar cukup mudah dan penyakit ini juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan tersebut. Tanda-tanda dari penyakit Scurvy ini akan tampak setelah empat minggu Anda kekurangan vitamin C yang parah dan berkelanjutan.

Akan tetapi untuk gejalanya sendiri tidak akan langsung muncul begitu saja. Biasanya tiga bulan atau lebih gejala akan mulai terlihat dan berkembang. Tanda-tanda awal dari penyakit Scurvy ini di antaranya mudah merasa lelah, nafsu makan berkurang, sakit di bagian kaki, mudah marah, dan demam.

Jika di perhatikan sekilas, gejala dari penyakit akibat kekurangan vitamin C ini memang cukup sepele. Meski begitu jika dibiarkan dan tidak segera diobati maka bisa berbahaya. Bahkan jika semakin parah penyakit ini juga bisa memicu munculnya berbagai penyakit lain seperti anemia, gingivitis, sesak napas hingga kematian.

Demikianlah pembahasan mengenai berbagai penyakit akibat kekurang vitamin C. Pastikan Anda mengenalinya dan waspadai penyakit akibat kekurangan vitamin C. Hal ini karena jika di biarkan akibatnya bisa fatal dan bahkan bisa membahayakan nyawa.