breaking news New

Pengertian dan Cara Merawat Jenis Desain Furniture Vintage

Ilustrasi ruangan dengan Desain Furniture Vintage. Ilustrasi ruangan dengan Desain Furniture Vintage.

Guna menambah kesan klasik pada desain rumah Anda, maka Anda dapat menggunakan desain furniture vintage. Sebab, penggunaan furniture bergaya vintage ini dapat memancarkan aura klasik khas rumah zaman dahulu. Jadi, bagi Anda yang ingin mendesain rumah dengan gaya klasik, maka Anda dapat menggunakan furniture bertema vintage. Memang, di era modern ini cukup sulit mencari furniture bergaya vintage. Sebab, banyak toko-toko furniture hanya menyediakan peralatan modern dan minimalis. Sehingga, Anda harus jeli mencari supplier furniture vintage.

Pengertian Tentang Desain Furniture Vintage

Secara harfiah, desain rumah bergaya vintage ini dipengaruhi oleh jenis-jenis furniture yang digunakan. Rata-rata, perabotan yang digunakan ini masih menggunakan furniture tradisional seperti kayu jati, guci keramik, dan menggunakan wallpaper dinding mirip dengan lembaran kayu atau batu-bata. Hal ini tentu saja memancarkan aura-aura khas desain rumah tahun 60 atau 70 an. Jadi, bagi Anda yang suka atau gemar mengoleksi perabotan antik. Maka, Anda dapat mendesain rumah Anda dengan desain vintage serta menaruh koleksi perabotan antik di dalam rumah.

Cara Merawat Berbagai Koleksi Furniture Bergaya Vintage

Furniture klasik bergaya vintage ini memang membutuhkan perawatan yang lebih agar tidak rusak maupun dimakan rayap. Sebab, bahan utama dari furniture vintage ini terbuat dari kayu jati yang kerap rusak karena termakan rayap. Oleh sebab itu, agar furniture vintage milik Anda tetap awet dan tidak mudah rusak. Maka, Anda perlu tahu bagaimana cara merawatnya. Maka dari itu, inilah beberapa cara merawat berbagai koleksi furniture klasik bergaya vintage yang perlu Anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Menggunakan Sari-Sari Buah Lemon
Lemon menjadi salah satu buah yang dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk merawat furniture vintage. Sebab, kandungan buah lemon ini mampu membunuh kuman, bakteri, hingga kotoran yang menempel pada furniture vintage, terutama pada furniture berbahan kayu. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda cukup memeras buah lemon secukupnya. Kemudian ambil kain. Celupkan kain tersebut ke air lemon. Oleskan air lemon ke sisi-sisi furniture kayu jati. Tunggu beberapa menit hingga air lemon meresap. Lalu, basuh kembali menggunakan air bersih.
2. Menyemprotkan Cairan Pembersih
Agar tampilan desain furniture vintage ini tetap memancarkan aura klasik dan terlihat bersih, maka Anda harus menyemprotkan cairan pembersih khusus furniture secara teratur. Silahkan Anda memilih jenis cairan pembersih khusus untuk furniture bergaya vintage. Sebab, apabila Anda salah memilih cairan pembersih. Maka, akan berakibat fatal seperti kerusakan warna pada furniture hingga mengelupasnya kulit kayu jati. Oleh sebab itu, berhati-hati lah dalam memilih cairan pembersih untuk furniture vintage ini.
3. Berikan Sentuhan Lembut Pada Furniture
Memang, furniture klasik ini telah berusia puluhan tahun. Sehingga, furniture klasik tersebut mudah rusak apabila pemilik kurang memberikan perawatan dan kerap memindah posisi furniture dari satu tempat ke tempat lain. Alhasil, faktor inilah yang menyebabkan furniture vintage mudah rusak dan tidak bisa digunakan kembali. Agar furniture tidak mudah rusak, maka berikan sentuhan lembut dan berikan perawatan secara rutin. Dan jangan terlalu sering Anda memindah letak furniture vintage ini. Sebab, terlalu sering memindahkan letak furniture ini berakibat pada ketahanan dan keawetan furniture.
4. Jangan Sampai Furniture Vintage Terkena Sinar Matahari Secara Langsung
Dan cara merawat furniture vintage yang terakhir adalah jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung. Sebab, akan ada resiko fatal apabila furniture klasik ini terkena sinar matahari secara langsung. Bisa saja kulit kayu mengelupas, warna furniture memudar, hingga menyebabkan keropos pada struktur furniture. Hal ini disebabkan oleh kandungan sinar matahari yang bisa saja merusak lapisan dan struktur furniture klasik. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk menata desain furniture vintage dengan baik dan benar. Dan jangan menaruh furniture klasik di dekat jendela rumah.

Desain furniture vintage menjadi salah satu desain rumah yang banyak diminati oleh orang-orang yang gemar mengoleksi barang-barang antik. Sebab, desain rumah bergaya vintage ini menggunakan perabotan dari tahun 60 atau 70 an. Sehingga, Anda terasa bernostalgia dengan masa muda. Untuk itu, Anda dapat menempatkan kursi dan meja dari kayu jati, guci keramik, radio dan televisi jadul, hingga lukisan-lukisan antik di rumah Anda.