breaking news New

Oleh-Oleh Khas Kota Banjar Yang Menarik

Ketika kamu telah selesai berlibur dari kota Banjar, Jawa Barat, tidak lengkap rasanya jika kamu tidak membawa buah tangan atau oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah. Banyak rekomendasi makanan khas Banjar yang menarik untuk kamu cicipi sekaligus kamu jadikan oleh-oleh. Penasaran oleh-oleh apa saja yang bisa kamu bawa pulang? Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Kota Banjar yang menarik.

1. Galendo
Meski menjadi salah satu makanan asal Ciamis, namun galendo di Banjar pun tak kalah tenarnya. Hal ini tak lain karena kudapan satu ini banyak dijual di beberapa wilayah Banjar. Camilan yang bernama galendo ini merupakan sebuah kudapan dari ampas minyak kelapa. Ide pembuatan galendo ini tercipta dari banyaknya industri pengolahan kelapa di Jawa Barat.

Biasanya, orang orang menikmati kudapan satu ini dengan cara mencocolkannya ke gula pasir atau gula bubuk. Tidak sedikit pula masyarakat sekitar menyantapnya bersamaan dengan teh hangat atau kopi dikala sore hari sembari berkumpul dengan orang tersayang.

Tapi sayangnya, makanan yang satu ini bisa dibilang mulai langka di pasaran. Lantara, tersaingi oleh kudapan kekinian lainnya. Akan tetapi, untuk mengatasi hal tersebut, banyak para produsen yang mengkreasikannya dengan memberikan varian rasa. Mulai dari original, kacang, coklat, pisang, hingga susu. Bahkan, galendo pun kerap dicampurkan ke dalam bahan untuk membuat kue bolu.

2. Sambal Khas Banjar
Bisa dikatakan jika setiap daerah memiliki sambal dengan ciri khasnya sendiri, baik itu dari bumbu maupun cara penyajiannya. Apalagi sambal yang berasal dari tanah Banjar ini, mempunyai cita rasa yang begitu khas lantaran pembuatannya masih tradisional dan itulah yang membuat rasa dari sambal ini menjadi khas.

Rasa pedas yang ditawarkan oleh sambal satu ini mampu membangkitkan selera makan siapa saja. Jadi banyak sekali wisatawan yang datang hanya untuk berburu sambal khas Banjar ini. Bahkan hampir setiap warung atau tempat makan yang ada di wilayah Banjar, menyediakan sambal khas satu ini.

Itulah beberapa makanan dari kota Banjar yang bisa kamu jadikan oleh-oleh.