breaking news New

Kuliner Ayam Yang Enak Dan Lezat Di Indonesia

Indonesia memang kaya akan rempah. Kekayaan akan rempah tersebut membuat berbagai macam olahan makanan jadi terasa enak dan lezat. Masyarakat di setiap daerah mampu memanfaatkan rempah-rempah yang ada menjadi sebuah bumbu masakan yang nikmat. Bahkan, masakan ayam yang ada di Indonesia saja menjadi sangat banyak ragamnya. Ayam tidak hanya digoreng atau dibakar begitu saja, namun diolah dengan cita rasa dan selera yang mencerminkan daerah tersebut. Apa saja inovasi olahan ayam yang ada di setiap daerah Indonesia?

1. Ayam Goreng Sasando (Nusa Tenggara Timur)
Ayam goreng sasando hampir mirip dengan masakan ayam goreng Nasional, yang membedakannya terletak pada rempah-rempah yang khas dari Nusa Tenggara Timur. Proses memasak ayam goreng sasando hampir sama dengan olahan ayam goreng lainnya, namun hal yang membuatnya berbeda yaitu bahan-bahan yang digunakan. Menu olahan ayam ini disajikan dengan saus yang kental serta rasa gurih dari ayam gorengnya.

2. Ayam Nasu Palekko (Makassar)
Nasu palekko terbuat dari ayam atau bebek yang dicincang kecil dan memiliki cita rasa yang khas yaitu rasa yang pedas, asam dan gurih, yang membuat kuliner satu ini dapat menggugah selera. Kuliner ini dibuat dengan berbagai macam rempah-rempah seperti, jahe, kunyit, sereh, lengkuas (digeprek). Bumbu halusnya yaitu bawang putih, bawang merah, merica, garam, penyedap rasa dan cabai rawit. Ada juga asam jawa dan jeruk nipis sebagai penghilang bau amis dari ayam atau bebek.

3. Ayam Tuturaga (Manado)
Masakan ini sering dikira sebagai opor ayam Manado, karena penampilannya yang mirip dan dibuat dari bumbu dasar kuning dan santan. Namun, terdapat bumbu-bumbu lain yang menjadi ciri khas dapur Minahasa.

Bumbu-bumbu yang digunakan antara lain seperti, serai, daun kemangi, daun pandan, daun jeruk, dengan bumbu dasar bawang merah, bawang putih dan cabai berlimpah, membuat masakan khas Mando berani akan bumbu. Bahkan biasanya jumlah bumbu berlimpah bahkan bisa berjumlah setengah dari bahan utama.