Kolesterol Penyakit Berbahaya ?

ilustrasi penyakit kolesterol ilustrasi penyakit kolesterol

Didalam tubuh terdapat lemak yang yang bisa memicunya kolesterol. Vitamin D bisa diproduksi dalam tubuh dengan adanya kolesterol. sejumlah hormon, dan asam empedu yang berfungsi untuk mencerna lemak didalam tubuh. Jika kadar kolesterol didalam tubuh sesuai maka akan membantu membangun sel baru agar tubuh dapat berfungsi dengan baik dan normal. Kolesterol juga memiliki banyak fungsi untuk tubuh seperti, dibutuhkan untuk membantu proses pencernaan, produksi hormon untuk keberlangsungan proses dalam tubuh, dan membentuk vitamin D. jika kadar kolesterol dalam tubuh meningkat melewati batas normal, maka akan menyebabkan komplikasi.

Dalam darah, kolesterol ini dibawa oleh protein yang nanti akan bergabung dan disebut lipoprotein. Lipoprotein sendiri terbagi menjadi dua yaitu lipoprotein dengan kepadatan rendah disebut kolesterol jahat, sedangkan lipoprotein dengan kepadatan tinggi disebut lipoprotein baik. Tugas dari lipoprotein adalah mengangkut kolesterol ke organ hati ke sel-sel yang membutuhkan begitupun sebaliknya. Pemeriksaan terkait kolesterol ini dapat menggunakan tes darah.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol yang melebihi batas normal disebut dengan kolesterol tinggi dimana yang bisa mengintai adalah penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke. Faktor keturunan, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol, dan kurang olahraga menjadi penyebab tingginya kolesterol dalam tubuh. Selain itu, ada beberapa kondisi medis yang juga menyebabkan kolesterol tinggi yaitu :

  1. Penyakit ginjal kronis
  2. HIV/AIDS
  3. Lupus
  4. Diabetes
  5. Hipotiroidisme

Faktor resiko Kolesterol Tinggi

  • Pola makan yang buruk, Mengkonsumsi terlalu banyak lemak jenuh atau lemak trans sangat beresiko untuk meningkatkan kadar kolesterol. Lemak jenuh dapat ditemukan di dalam daging berlemak dan susu mengandung lemak tinggi.
  • Kegemukan, Semakin berat massa tubuh maka akan semakin tinggi meningkatnya kadar kolesterol
  • Kurang Olahraga, kalian harus sering rutin melakukan olahraga supaya bisa meningkatkan kadar kolesterol baik bagi tubuh.
  • Merokok, kebiasaan yang satu ini bisa membuat kadar kolesterol baik dalam tubuh akan terus berkurang.
  • Alkohol, kurangi dan kalau bisa menyetop dalam konsumsi alkohol, karena ini yang bisa menyebabkan kadar kolesterol yang tidak baik akan terus meningkat dalam tubuh.
  • Usia, untuk kamu yang sudah berusia 40 tahun keatas, lebih baik waspada dengan penyakit ini karena tingkat kadar kolesterol baik atau LDL akan terus menurun jika kalian tidak segera bertindak dan melakukan pola hidup yang sehat. tetapi tidak dipungkiri juga kalau penyakit kolesterol ini bisa menyerang anak-anak.

Gejala Pada Umumnya Penyakit Kolesterol Tinggi

Biasanya kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala apapun. Gejala baru akan terasa bila terjadi pembentukan plak pada arteri. Kolesterol tinggi juga beresiko terkena penyempitan arteri, adanya penggumpalan darah di bagian tertentu, stroke, bahkan serangan jantung. Jika tidak mengubah pola makan atau kebiasaan hidup yang baik maka penderita kolesterol tinggi akan sangat beresiko akan serangan jantung dan stroke.

Cara Pengobatan Untuk Kolesterol Tinggi

Jika dalam proses mengubah pola hidup kadar kolesterol masih melebihi batas normal, maka yang diberikan dokter adalah obat-obatan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol lebih cepat. Berikut beberapa obat yang digunakan untuk mengobati penyakit kolesterol :

  •  Statin, Dari sekian banyaknya jenis obat ini yang paling sering digunakan adalah simvastatin.
  • Inhibitor penyerapan kolesterol, Contohnya adalah ezetimibe yang dapat digunakan untuk mengurangi kolesterol dalam darah dengan cara mengurangi penyerapan kolesterol pada makanan. Penggunaan obat ini bersama dengan statin.
  •  Resin, Penggunaan obat jenis ini bekerja dengan cara mengurangkan kadar kolesterol dengan cara mengikat asam empedu.

Hindari Makanan Yang Bisa Memicu Kolesterol

Ada beberapa makanan agar terhindar dari kolesterol tinggi yaitu :

1. Gorengan

Pada gorengan mengandung lemak jenuh yang tinggi karena digoreng menggunakan minyak apalagi minyak yang digunakan sudah terpakai berulang kali.

2. Jeroan

Di dalam jeroan sudah banyak mengandung kolesterol sehingga bagi penderita kolesterol tinggi dilarang kerang memakan jeroan. Contoh jeroan yaitu usus, ati ampela, babat, dan bagian lainnya.

3. Kulit ayam

Tak bisa dipungkiri kalau kulit ayam adalah bagian paling nikmat. Tetapi, kulit ayam ini salah satu jenis makanan yang pantang untuk dikonsumsi bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Sedangkan daging ayam aman untuk dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi.

4. Daging Olahan

Sosis, burger, hingga hotdog adalah daging olahan yang sangat dilarang untuk dimakan bagi penderita kolesterol tinggi. Daging olahan menggunakan potongan daging yang paling berlemak.

Nah itu dia penjelasan mengenai kolesterol tinggi. Bagi kalian yang merasa memiliki tanda-tanda kolesterol dianjurkan untuk segera berkonsultasi dengan dokter agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari dan tidak menimbulkan penyakit berbahaya lainnya.