breaking news New

Ketahui 3 Masakan dari Olahan Tempe di Indonesia

Apakah diantara kamu ada yang suka dengan tempe? Tempe adalah makanan yang dapat disajikan dalam bentuk apapun. Tempe juga seringkali dijadikan salah satu bahan masakan agar membuat masakannya menjadi lebih lezat. Tidak hanya lezat, tempe juga memiliki khasiat yang baik untuk tubuh sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Hal itulah yang membuat banyak orang memanfaatkan tempe menjadi makanan lainnya.

Nah, bagi kamu para pecinta tempe, kamu wajib tau 3 masakan dari olahan tempe di Indonesia.

1. Tempe Orek

Sebagian besar dari kamu pasti tidak asing dengan makanan yang satu ini. Tempe Orek seringkali dijadikan sebagai lauk oleh banyak orang di Indonesia, dimana makanan ini selalu didampingi dengan Tempe Orek. Sajian ini memiliki 2 varian yang bisa kamu pilih yakni Tempe Orek Basah dan Tempe Orek Kering.

Kedua tempe itu sangatlah laku di pasaran dan selalu dicari banyak orang. Tempe Orek selalu berhasil membuat siapapun ketagihan. Kamu juga dapat dengan mudah menemukannya di berbagai macam warteg di pinggir jalan yang dijual dengan harga murah. Kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah karena proses pembuatannya sangat sederhana.

Pastinya Tempe Orek Kering akan ditambahkan dengan gula jawa sampai menjadi renyah saat dikonsumsi. Sedangkan Tempe Orek Basah dimasak dengan air sehingga menjadi cukup berkuah.

2. Semur Tempe

Biasanya kamu menemukan semur daging, tenyata di tempat yang sama kamu juga bisa menemukan Semur Tempe. Biasanya di jual di berbagai restoran, tempat makan padang, atau beberapa warteg di Indonesia.

Memiliki cita rasa yang manis dan kuah hangatnya sangatlah menggugah selera. Makanan ini bisa kamu nikmati dengan nasi putih hangat dengan berbagai macam rempah rempah dan menciptakan aroma yang cukup kuat. Biasanya, makanan ini juga ditambahkan dengan kecap agar terasa lebih manis.

3. Botok Tempe

Nah, yang satu ini cukup sulit ditemukan. Kebanyakan Botok disajikan dengan kelapa parut saja, namun Botok yang satu ini ditambahkan dengan Tempe sebagai bahan dasarnya. Makanan ini ternyata cukup mudah kamu temui di Jawa Timur.

Tempe dipotong dadu atau dihaluskan, lalu dibumbui dengan beberapa bahan seperti cabai, merica, daun salam, dan garam. Setelah itu kamu bisa memadukannya dengan kelapa parut, lalu dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus hingga matang.


Setelah kamu mengetahui beberapa olahan tempe di Indonesia, kira kira masakan apa aja nih yang pernah kamu bikin sendiri di rumah