Sejarah Singkat Permainan Papan, Ludo!

Oleh : ftrrahman | 2022-03-29 11:49:51

Ludo adalah salah satu permainan paling populer di Negara India yang berasal dari Gua Ellora bersejarah yang ada di Maharashtra. Permainan ini digambarkan sebagai bentuk ilustrasi di dinding yang disimpulkan bahwa permainan Ludo adalah ciptaan masyarakat India kuno di zaman itu.
Selama beberapa tahun terakhir Ludo telah dikenal dalam banyak nama dalam sejarah India seperti "Chaucer", "Chopad", "Pachisi". Namun, seiring berjalannya waktu, game ini menjadi terkenal di seluruh dunia. Versi Spanyol dari game ini dikenal sebagai "Parcheesi", sedangkan nama "Chatush Pada" mengenal Ludo versi Cina. Di sisi lain, Ludo dikenal dengan nama "Ludu" di Afrika.
Sangat sedikit orang yang tahu bahwa dadu yang digunakan dalam permainan ini yang memiliki kekuatan magis di dalamnya. Dadu hanya mendengarkan komentar dari Shakuni tetapi dalam Mahabharata, dadu dibuat dari tulang terkutuk anggota keluarga Shakuni. Inilah alasan mengapa dadu yang digunakan dalam game ini berdasarkan komentar Shakuni. Oleh karena itu menjadi mudah bagi Korawa untuk memenangkan permainan karena Shakuni adalah dalang di baliknya. Menurut sejarawan, mereka menyarankan bahwa Ludo juga merupakan permainan populer selama kaisar Mughal. Kaisar Mughal Akbar juga biasa memainkan permainan Mughal ini. Namun ada sedikit variasi yang dibawa ke dalam game ini selama periode kaisar Mughal, mereka tidak menggunakan cangkang atau biji atau sebaliknya, mereka menggunakan orang yang hidup sebagai potongan di papan seukuran. Beberapa sejarawan percaya bahwa Akbar sangat menyukai permainan ini dan tempat-tempat di Fatehpur Sikri dan Agra, memiliki dinding yang didedikasikan untuk permainan ini.
Selain itu, menurut sejarawan, lantai Fatehpur Sikri menyerupai papan yang digambar di atasnya.Namun, seiring waktu, Ludo dimodifikasi, dan pada tahun 1891 Alfred Collier dari Inggris menambahkan cangkir dadu ke permainan ini Alfred Collier menamai game tersebut sebagai Royal Ludo di Inggris. Sejak tahun 1891, game ini secara resmi terdaftar dan menjadi populer di seluruh dunia kemudian Ludo diubah menjadi permainan papan oleh angkatan laut Kerajaan Inggris.
Tags : Ludo